Senin, 26 November 2012

ANIMASI FLASH

Membuat Animasi Menggunakan Adobe FLASH CS8



Membuat Karakter Ulat
Sebelum melakukan langkah-langkah membuat karakter ulat. Perhatikan terlebih dahulu hasil akhir karakter ulat.



Untuk membuat karakter ulat seperti gambar berikut , lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Tahap pertama adalah pembuatan objek badan ulat .
2. Gunakan oval tool dan free transform tool untuk membuat satu  badan utama yang kemudian akan kita duplikat.
 Pilihlah oval tool serta aktifkan option object drawing pada tool box 
Buatlah sebuah lingkaran pada area kerja. Tekan shift untuk mendapatkan hasil ligkaran yang benar-benar bulat.
Selanjutnya buat oval kemudian duplikat oval. Lihat pada analisa fasilitas desain. 
Kecilkan objek oval duplikat menggunakan free transform tool.
Dalam keadaan kedua objek oval masih terseleksi. Masuk ke menu modify > unroup atau tekan shift+crtl+g. atau bias juga klik kanan pada objek hingga muncul opsi, lalu pilhlah break apart.
Klik sembarang pada area kerja. Kemudian klik pada objek tengah oval seperti ilustrasi dibawah ini. Selanjutnya tekan delete pada keyboard.
Group objek tadi dengan menekan crtl+g. pastikan fill dan outlinenya terseleksi.
Posisikan objek oval diatas loingkaran. Kemudian klik objek lingkaran yang selanjutnya Ungruop objek tersebut
Klik sembarang pada area kerja, lalu klik hanya pada stroke objek lingkaran yang kemudia stroke tersebut digroup
Sekarang  kliklah pada objek oval. Lalu lakukan proses ungroup pada objek tersebut.
Saat objek oval masih aktif, lakukan proses duplikat menggunakan mouse. Lihat analisa fasilitas desain.
 Klik stroke objek lingkaran yang Tadi di ungroup, sekarang lakukn proes ungroup pada stroke tersebut hingga terlihat seperti gambar dibawah.
Selanjutnya, klik sebagian objek oval yang nantinya akan dihapus seperti di bawah ini.
Sekarang kita masuk kedalam proses pewarnaan pada objek badan utama. Klik bagian tengah seperti gambar dibawah ini
Kemudian klik lah kolom fill tool pada tool box. Lalu pilihlah radial gradiet merah.
Pada docker color mixer, kllik ganda pada point warna seperti pada gambar dibawah ini. Lalu pilihlah warna mera
 Gunakan gradient transform tool untuk mengatur warna gradasi pada objek.
Lakukan hal yang sama pada kedua bagian tepi objek. Seperti gambar dibawah.
Lakukan hal yang sama pada kedua bagian tepi objek. Seperti gambar dibawah.
 Duplikat objek yang tadi kita buat, kecilkan  objek hasil duplikat menggunakan free transform tool . tekan shift+alt saat melakukan pengecilan objek agar saat proses pengecilan, onjek tetap berada ditengah. Dan selanjutnya membuat ekor ulat. 
Klik ganda pada objek yang telah di convert menjadi movie clip hingga kita masuk pada area movie clip. Pada jendela Timeline, frame kedua masih aktif. Seleksi seluruh objek badan ulat. Tekan tombol panah kiri pada keyboard sebanyak enam kali hingga seluruh objek gambar tergeser kekiri. 
6. Buat frame baru duframe 3 pada jendela timeline. Kemudian seleksi ketiga badan ulat dan lakukan penggeseran seperti langkah berikut :
7. Kini buat lagi keyframe 4 pada jendela timeline. Selanjutnya seleksi hanya dua objek badan saja yang kemudian digerakan seperti langkah sebelumnya.
8. Tambahkan keyframe diframe 5 dan lakukan hal yang sama satu objek baan terakhir.
9. Tambahkan keyframe baru diframe 6 dan aktifkan hanya kepala ulat. Tekan tombol panah kiri sebanyak enam kali hingga objek kepala bergeser.
10. Pada keyframe baru diframe 7. kini aktifkan kepala dam satu objek badan. Kemudian lakukan penggeseran seperti langkah dibawah ini.
11. Buat frame baru diframe 8, dan aktifkan ketiga objek terdepan kemudian lakukan proses penggeseran sebanyak enam kali.
12. Ini adalah langkah terakhir pemberian animasi pada karakter ulat. Keyframe baru lagi diframe 9 didalam mivie clip. Selanjutnya aktifkan empat objek terdepan yang kemudian lakukan proses penggeseran objek kekiri sebanyak enak kali. 
13. Kini anda dapat melihat hasil akhir pembuatan objek ulat dengan menggunakan Ctrl+Enter untuk masuk ke tampilan FLASH PLAYER. Animasi yang dibuat dalam bentuk movie clip. Jika diputar didalam tampilan Flash Player akan bergerak berulang-ulang atau looping seperti gambar berikut
MEMBUAT KARAKTER KEPOMPONG
Untuk membuat karakter kepompong seperti gambar diatas, lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Langkah pertama, anda buat objek kurva menggunakan Penn Tool sebagai kerangka dasar karakter kepompong.
 Lakukan pengeditan kurva menggunakan subselection tool hingga mendapatkan bentuk objek seperti gambar berikut:
Buat dua garis terpisah menggunakan line tool diatas objek kerangka dasar kepompong.
Lekukaan kedua garis tersebut menggunakan Selection Tool
 Hapus bagian-bagian garis yang tidak dibutuhkan. Gunakan Selection Tool untuk menyeleksi setiap bagaian garis yang akan dihapus.
 Pada tahap kedua yaitu proses perwarnaan, pilih warna merah pada Panel Color Mixer. 
Gunakan Paint bucket Tool dan klik pada bagian dalam objek kerangka.
Masih pada Panel Color Mixer, anda pilih Type Radial dengan komposisi warna.
Selanjutnya buat ilustrasi objek mata pada kepompong menggunakan Oval Tool.
Untuk membuat motif pada badan kepompong, anda dapet menggunakan Brush Tool dengan ketentuan warna dan ukuran brush seperti gambar berikut.
Sapukan Brush Tool secra acak diatas badan kepompong hingga mendapatkan ilustrasi seperti pada gambar dibawah ini. Dan ini hasil akhir dalam pembuatan badan kepompong.
Membuat Animasi Kupu-Kupu
Sebelum melakukan langkah-langkah membuat karakter kupu-kupu, Perhatikan terlebih dahulu hasil akhir karakter kupu-kupu dibawah ini.
1. Tahap pertama adalah pembuatan objek sayap kupu-kupu, gunakan Selection Tool, Subselection Tool serta Option, lalu buatlah objek kurva seperti ilustrasi berikut.
2. Lalu proses pengcopyan pada objek awal , kemudian perkecil objek hasil pengcopyan seperti dibawah ini.
3. Kini lakukan proses perwarnaan pada objek sayap kedua seperti pada gambar. Berilah warna orange
3. Tahap selanjutnya adalah pembuatan badan kupu-kupu . Aktifkan Oval Tool dan bentuk oval tanpa stroke pada gambar dibawah ini.
4. Tahap selanjutnya buatlah objek lingkaran dan letakkan diatas badan objek.
5. Gunakan Pen Tool untuk membuat objek antena pada kupu-kupu . Dan gunakan Selection Tool untuk membuat lekukan objek kurva. Lihat lah gambar dibawah ini.
      MEMBUAT OBJEK POHON
Objek pohon
Sebelum anda membuat objek pohon, perhatikan terlebih dahulu hasil akhir dari objek pohon tersebut.
1.Tahap pertama anda akan membuat bagian batang pohon. Gunakan Pen Tool untuk membuat kerangka dasae objek tersebut.
2.Beri warna dasar coklat kemudian hapus stroke/garis tepi pada objek. 
3. Selanjutnya bentuk ilustrasi dasar objek rimbuan daun . Seperti gambar dibawah ini menggunakan Subselection Tool.
4. Dan berilah warna dasae pada objek rimbuandaun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar